Mahasiswa FEB Unkhair Demo, Tagih Janji Pencairan Bidikmisi

Aksi Mahasiswa FEB Unkhair gelar aksi didepan Kampus, Senin (9/12/19) pagi tadi 

LPMKULTURA.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Khairun menggelar aksi protes menangih janji terkait pencairan beasiswa bidikmisi, didepan gedung rektorat Unkhair, Senin (9/12/19) pagi tadi.

Pasalnya, janji pihak rektorat itu diutarakan oleh Kasubag Kemahasiswaan Unkhair disalah satu media, Malut Post, terbit (25/11/19) lalu. Haris Idrus bilang pencairan tidak sampai pada bulan Desember, namun hingga memasuki pertengahan Desember ini pun hasilnya masih nihil.

Nasib 227 mahasiswa yang mengikuti beasiswa seleksi mandiri bak ditepah badai. Harapan untuk biaya hidup pupus ditengah jalan. Sudah hampir satu semester, dua angkatan dari 2016 dan 2017 itu tak juga mendapat kejelasan ril beasisiwa.

Baca juga: Mahasiswa yang Tidur di Pelataran Polres untuk 10 Aktivis yang Ditahan

Ketua BEM FEB, Ajuldin Safi mengatakan banyak mahasiswa yang resah akibat keterlambatan pencairan beasiswa bidikmisi seleksi madiri itu. Bahkan ada rekan mahasiswa yang dikeluarkan dari kost-kosannya lantaran hidupnya tergantung dengan beasiswa.

“Kami melihat keterlambatan pancairan ini sebagai upaya penyelewengan dan patut dicurigai. Ada apa? Bagaimana bisa tertunggak? Bila asalannya soal perubahan kepengurusan Kemenristekdikti ke Kemendikbud dipusat, sebenarnya tidak masuk akal,” tutur Ajuldin seperti dikutip dari siaran pers yang teredar.

Sebab itu pula, mereka datangi rektorat Unkhair untuk meminta agar beasiswa bidikmisi jelas pencairannya.

Baca juga: Literasi Jalanan Dipelataran Kampus Minim Pembaca

“Kami datang dipihak Universitas atau bagian yang bertanggung-jawab untuk meminta kejelasan pencairan beasiswa bidikmisi,” jelasnya saat ditemui sejumlah awak media pagi tadi.

Tak berlangsung lama, kedatangan Warek III, Syawal Abdul Ajid menemui mahasiswa depan rektorat sempat cekcok. Pengeras suara yang digunakan mahasiswa dibanting olehnya. Kabarnya pengeras suara itu rusak, namun pihak rektorat telah menggantinya.

Berselang itu, mahasiswa diajak masuk hering bersama diruang Senat Unikhair. Sekitar puluhan yang masuk didalamnya.

Wakil Rektor III, Syawal Abdul Ajid, belum bisa pastikan kapan akan dicairkan. “Nanti besok atau lusa ini, pak Idrus mau ke Jakarta. Tugas dia adalah memastikan soal bidikmisi yang belum cair itu,” ujarnya diruang Senat pasca Hearing bersama mahasiswa FEB.

Soal, pernyataan Haris pekan lalu terkait pencairan beasiswa bidikmisi, Syawal bilang itu memang informasi dari Kementrian (Ristekdikti dan Dikbud), namun belum juga dicairkan. “Itu masalahnya”. “Kenapa pak Haris sampaikan begitu, karena Kementrian sampaikan begitu,” tambahnya.

Ia meminta agar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi sabar saja. Sebelumnya, kata Syawal, tidak tertunggak seperti sekarang. Kasusnya hanya tahun ini.

“Karena pengalaman kita, tidak ada atau tidak pernah mahasiswa yang sudah kita usulkan menerima bidikmisinya,” tutur Warek III

Reporter: Ajun

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama